CONTOH KURIKULUM TIM LAPANG DIKLATCAB
A.
LANDASAN
1. Perlunya menanamkan prinsip dasar
UKM Gerakan Pramuka Universitas Jember (Sayeg
Saeka Praya) kepada peserta;
2. Perlunya Membentuk calon anggota
yang baik secara kecapakan maupun mental;
3. Perlunya menumbuhkan harmonisasi
antar peserta, peserta dengan reka kerja, dan peserta dengan UKM Gerakan
Pramuka Universitas Jember
B.
TUJUAN
1. Agar tercapainya kualifikasi peserta
yang sesuai dengan tujuan DIKLATCAB 2018.
2. Mengontrol tercapainya tujuan
DIKLATCAB 2018
3. Memberikan pembinaan mental dan
motivasi kepada peserta DIKLATCAB 2018
C.
KOMPETENSI YANG AKAN DICAPAI
1. Mengevaluasi pergerakan peserta
diklatcab 2018
2. Mengevaluasi kebersamaan dan
tanggung jawab peserta diklatcab 2018
3. Mengaplikasikan wawasan yang didapat
peserta diklatcab 2018
4. Mengevaluasi pemahaman kepramukaan
dan tri darma perguruan tinggi
5. Mengaplikasikan anggota Pramuka
Universitas Jember yang komunikatif
D.
STRUKTUR
No
|
Kompetensi
|
Alokasi waktu
|
Ket.
|
1
|
Mengevaluasi pergerakan peserta
diklatcab 2018
|
295 Menit
|
|
2
|
Mengevaluasi kebersamaan dan
tanggung jawab peserta diklatcab 2018
|
325 Menit
|
|
3
|
Mengaplikasikan wawasan yang
didapat peserta diklatcab 2018
|
300 Menit
|
|
4
|
Mengevaluasi pemahaman kepramukaan
dan tri darma perguruan tinggi
|
270 Menit
|
|
5
|
Mengaplikasikan anggota Pramuka
Universitas Jember yang komunikatif
|
270 Menit
|
E. EVALUASI
Evaluasi yang dilakukan terdiri dari
beberapa bentuk:
1. Evaluasi lisan
Evaluasi lisan merupakan evaluasi
langkah awal dan pertama yang dilakukan sebelum melakukan evaluasi fisik.
Evaluasi ini hanya berupa tindakan-tindakan ringan seperti teguran dan
bentakan. Selain itu, evaluasi ini hanya berlaku terhadap pelanggaran-pelanggaran
ringan saja.
2. Evaluasi fisik
Evaluasi fisik ditujukan untuk
melatih fisik peserta maupun mental yang sesuai dengan kompetensi yang ingin
dicapai. Evaluasi fisik juga memiliki batasan tertentu, contoh: Panitia tidak
diperbolehkan untuk menampar, memukul, menendang, dsb. Jenis evaluasi ini tidak
harus dilakukan pada setiap sesinya apabila sudah dirasa cukup dengan evaluasi
lisan. Cukup dalam artian peserta sudah mampu menyadari kesalahan yang
diperbuat, sekaligus menemukan solusinya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar